30 Mitos Jawa Paling di Percaya di Indonesia

loading...
loading...
Mitos jawa paling di percaya di indonesia, Inilah mitos yang paling terkenal dan paling percaya oleh sebagain masyarakat Indonesia. Tentu mitos Jawa tersebut yakni suatu kepercayaan oleh leluhur jaman terdahulu, dan hingga sampai saat ini sering dipercaya oleh sebagian masyarakat. Lantas apa saja mitos yang banyak di percaya oleh masyarakat ? Adapun mitos mitos tersebut sebagai berikut.
30 Mitos Jawa Paling di Percaya di Indonesia
Mitos Jawa Paling di Percaya di Indonesia

1. Menyapu Bersih

Tentu hal ini banyak dilakukan oleh wanita yaitu menyapu dalam rumah. Mitos Jawa begini menyapu bersih agar dapat jodoh tidak brewok / ganteng.  Entah kapan cerita ini ada, yang jelas sudah ada sejak zaman dahulu.

2. Bersiul Malam Hari

Mitos ini juga terkenal masyarakat Indonesia. Salah satunya ialah bersiul dimalam hari dapat memanggil setan. Sebagian orang masih ada yang mempercayai tentang hal ini. sehingga mereka mengetahui tidak berani bersiul malam hari, atau tempat yang angker.
3. Duduk di Depan Pintu

Mitos ini khusus bagi para remaja yang belum mempunyai pasangan suami istri. Terdapat mitos bahwa larangan duduk depan pintu, maka dia sulit untuk mendapatkan jodoh. Cerita tersebut cukup terkenal hingga sampai sekarang ini.

4. Makan Tidak Habis

Mitos ini juga sering di dengar orang tua zaman dahulu, yakni makan tidak habis apabila memilki ayam akan mudah mati. 

5. Anak Kecil Keluar Menjelang Maghrib

Larangan anak kecil tidak boleh keluar saat Maghrib nanti diculik Wewe Gombel. Memang saat menjelang Naghrib hantu ataupun demit sudah berkeliaran, tentu hal ini bisa juga anak akan di ganggu oleh mahkluk ghaib.

6. Mandi Malam

Mungkin anda sudah mendengar mitos tentang ini, yakni apabila anda mandi malam hari makan akan terkena penyakit rematik. Hal ini sering dipercaya sebagian masyarakat ataupun orang tua zaman dahulu.

7. Makan Cakar Ayam

Cerita ini khusus bagi anak yang suka makan cakar ayam. Bahwa jangan makan cakar ayam entar tulisan akan jelek seperti cakar ayam. Memang kedengaranya lucu dan aneh, namun itu cerita dari nenek moyang dahulu.

8. Makanan Buah Pisang ( Jantung)

Mitos ini juga cukup dikenal yakni tidak boleh makan buah pisang jantungnya pada anak. Kelak dia akan menjadi bodoh.

9. Memakai Payung

Cerita ini sangat terkenal hingga sampai sekarang yakni jangan menggunakan payung dalam rumah. Sebab dapat menyebabkan kesukaraan dalam hidup. Bahkan ada yang mengatakan dapat mendatangkan mahkluk ghaib, maka tidak heran jika ceirta ini ada dalam film horor.

10. Tidur Sore Hari

Cerita tersebut juga dikenal masyarakat Jawa bahwa tidak boleh tidur saat menjelang maghrib,karena dapat memendek umur.

11. Mengigit Bibir Atas

Hal ini sangat unik yaitu larangan mengigit bibir atas, sebab anda akan banyak hutang dalam hidup.

12. Mengigit Kuku

Cerita tersebut juga di percaya oleh sebagian masyarakat Jawa, bahwa mengigit kuku akan mengudang kesialan ataupun nasib buruk.

13. Posisi Tidur


Mitos Jawa tersebut juga terkenal masyarakat di Indonesia yaitu larangan tidak boleh tidur dengan posisi kepada berada di utara dan kaki di selatan, sebab dapat mempercepat meninggal.

14. Membuang Sisa Makanan

Mitos ini juga masih banyak dipercaya juga, bahwa kebiasaan membuang sisa makanan, suatu saat nanti akan mengalami bentrok dengan keluarganya.

15. Memakai Baju Sambil Berjalan

Mitos ini juga dipercaya oleh jaman dahulu, bahwa memakai baju sambil berjalan dapat menyebabkan tidak tercapainya cita -cita.

16. Mengusap Wajah

Mitos ini juga di yakini oleh sebagian masyarakat, bahwa mengusap dengan baju dapat susah untuk mendapatkan rezeki dan juga dapat dibenci orang lain.

17. Bulu Alis

Mitos ini berlaku untuk perempuan yang suka mencabuti bulu alis. Bahwa jika sering mencabuti bulu alis sendiri kelak akan kehilangan selera hubungan suami istri.

18. Menyapu Dimalam Hari

Mitos Jawa ini juga dapat dikenal oleh masyarakat, bahwa menyapu di malam hari dapat membuat susah untuk mencari rezeki.

19. Memotong Kuku

Mitos ini juga terkenal masyarakat tentunya di Indonesia. Bahwa memotong kuku di malam hari dapat membuat usianya lebih singkat.

20. Menjahit Kancing Baju

Mitos ini juga di kenal masyarakat, bahwa menjahit kancing baju saat masih di pakai bisa menimbulkan penyakit parah atau bisa gagal dalam usaha dalam beberapa bulan.

21. Mandi Siang

Mitos ini juga dikenal di Jawa, yakni jangan mandi siang hari karena cepat mudah tua.

22. Makan Otak

Mitos ini juga diyakini oleh sebagai orang tua, bahwa anak kecil jika memakan otak binatang salah satu ayam dapat timbul uban sebelum tua.

23. Makan Memakai Tangan

Mitos aneh juga ada, namun cerita tersebut juga dikenal masyarakat Jawa. Bahwa makan memakai tangan dapat menyebabkan hidup menderita dan bagi wanita dapat menimbulkan kanker rahim.

24. Foto Bertiga

Masyarakat tentu juga mengetahui tentang mitos yang satu ini. Bahwa foto bertiga yang ditengah akan cepat meninggal. Sehingga orang tua jaman dahulu akan melarang anaknya untuk foto bertiga bersama teman-temannya.

25. Bangun Tidur

Mitos ini terkenal sekali masyarakat Jawa. Bahwa apabila bangun matahari sudah muncul diatas dapat menyebabkan rezeki hilang atau susah mencari rezeki.

26. Bulu Mata Rontok

Mitos ini sudah dikenal jaman dahulu, bahwa jika bulu mata jatuh itu bertanda bahwa ada orang yang kangen atau rindu dengan kita.

27. Mengintip Orang Mandi

Mitos Jawa ini juga di kenal sampai saat ini, bahwa mengintip orang sedang mandi maka matanya akan bintilan (belek en).

28. Mengantong Batu

Mitos ini juga terkenal sampai sekarang. Apabila anda sedang berada jauh, tetapi anda ingin buang air besar namun tidak ada toilet. Maka dengan mengantong batu dikanan dapat menahan buang air besar lebih lama.

29. Kejatuhan Cicak di Kepala

Mitos Jawa tersebut juga terkenal masyarakat bahwa kejatuhan cicak di Kepala adalah pertanda akan terkena kesialan.

30. Keramas

Mitos Jawa ini juga dikenal masyarakat, bahwa Jika wanita keramas pada hari sabtu. Maka akan mendapatkan suami yang penyiksa. entah kapan mitos tersebut juga ada.
Itulah mengenal mitos Jawa yang ada di Indonesia yang paling di percaya dan populer di masyarakat Indonesia. Semoga tulisan diatas menjadi wawasan mengenai mitos jawa paling di percaya di indonesia, terimakasih sudah berkunjung.

Related Posts

30 Mitos Jawa Paling di Percaya di Indonesia
4/ 5
Oleh
loading...